Ini Perjuanganku, Kawan!

Oleh : Nadia Julia Indrani (Biologi 2007)

Salah satu proker dari divisi eksternal Al-Hayaat adalah menyelenggarakan acara-acara yang bersifat insidental, salah satunya adalah dengan mengadakan acara yang bertemakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara ini berisikan cerita Nabi Muhammad mulai dari Beliau lahir hingga beliau meninggal juga kedudukan islam pada saat itu. Demi terwujudnya acara ini, para Al-Hayaaters berjuang, bekerja sama, bahu membahu, mengeluarkan keringat, darah, dan air mata..(lebay!!!).. Karena kita ingin acara ini sukses dengan megahnya maka diputuskan kita mulai mendekor dari tanggal 8 – 9 Maret 2009, namun banyak banget kejadian-kejadian yang unpredictable, unbelieveable, dan unforgetable.. lets look…

Tangal 8 Maret 2009

Rencananya anak-anak internal pada ngadain acara lari pagi sekaligus sharing dan foto-foto. Ceritanya sih ngajak ngumpul jam 06.30 WIB, tapii yah seperti biasa pada ga tau kemana anak-anaknya, bahkan acaranya dibatalkan karena Sabuga sedang digunakan untuk acara Dies Emas ITB.. Okey, terus jam 09.00 ceritanya (lagi..) akan ada dekor lorong untuk acara “Menelusuri Jejak Nabawi”. Akhirnya saat itu, aku, teh gita, teh hida, teh afril, teh lala, teh icha, ke kebab ketemu ama kang Pai dan Jamjam yang mau ngumpul dekor juga. Tik…tik..tik…jam terus berdetik hingga pukul 09.17 WIB, lalu terjadilah percakapan konyol antara aku, Jamjam dan kang Pai:

Jamjam : Ini teh pada jadi ngumpul ga sih??

Kang Pai : Ga tau tuh, si gibran gimana? Coba dihubungi deh..

Nadia : Lho? Bukannya gebi ke jakarta yah? Cuma ga tau udah pulang ato belumm..

Kang Pai n Jamjam : HAH!!!! (barengan spontan..)

Nadia : Iya, lagian sekarang mah yang mimpin rapatnya Dewi..

Kang pai : Terus Dewinya mana?

Nadia : Izin mau ada gladi bersih Opera Ganesha.. (ngomong dengan sangat lempengnya..)

Kang pai n jamjam : HAH??… (lagi..bersamaan dengan spontan..)

Nadia : hahaha…lagian sekarang si Oya PJS-nya..

kang pai : Terus Oyanya mana??

Nadia : masih bingung mau dateng apa engga soalnya kakanya sakit…

Kang pai n jamjam : WADUH…trus gimana ni..

Nadia : (tertawa terbahak-bahak..)

Kurang lebih seperti itu aku lupa detailnya…

Liat betapa sudah terlihatnya ketidakjelasan acara hari ini…

Akhirnya jamjam telepon Gibran..blablabla…akhirnya kita tau bahwa PJ hari ini tuh si Oji. Dan ojinya??? Ke jakarta ke rumah om-nya…yuuu… Yeahh..

Intinya hari ini tidak jelas!!!! Yah daripada buang waktu akhirnya aku ama Jamjam ke kebab dan kang Pai ke lab mau apa gitu lupa…. Ternyata Oya udah dateng, ada kang Indra, kang Tomo, kang Priza, kang Fajar (ada ga ya??), Deti, Ela, Ochad dan 4 anak 06 yang tadi mulai nunggu tukang bambu dan akhirnya dateng juga. Sumpah saat bambu dateng bener-bener ga jelas ini mau diapain, kita semua bingung asa nge-blank. Mau buat hiasan gak jelas ntar mau kaya apa, mau ngegambar gambarnya terlalu detail dan anak-anak pada gak jago ngegambar, Gebi-Dewi-Oji yang tau konsepnya pada ga ada, logistik kurang, mau nempel koran, korannya sedikit, agghhtt pusinglah saat itu teh. Akhirnya kita memutuskan gambar diprint aja, bambu diiket ama tambang, dan nempel koran seadanya, logistik yang gak ada dibeli ama kang tomo,, blablabla… Ternyata mendirikan bambu itu susahnya ya ampun, dan ditengah-tengah kerjaan si Gebi sms dengan polosnya “nad udah ampe mana progresnya??” haha.. Saat aku bacain smsnya ke anak-anak mereka langsung nafsu kesel kali ya ama ketuanya. Karena udah sore, hujan ga berenti-berenti, dan kita ga mau kerjanya sia-sia akhirnya ide-ide muncul untuk menyangga itu bambu, dibela-belainlah kita ujan-ujanan demi acara yang bisa dipersembahkan secara total: mengikat bambu dengan tali. Udah sore ampir jam 5 akhirnya kegiatan dihentikan karena anak-anak pada ga makan siang, keujanan, cape juga lah, sempet ada kekesalan pada oknum-oknum yang ga dateng tapi ya sudahlah.. Akhirnya besok diputuskan kumpul jam 8 pagi..

Tanggal 9 Maret 2009

Yups, acara harusnya mulai pada jam 8 cuma pada ngaret seperti biasa. Sampai akhirnya kerja dimulai jam 9 kurang. Mulai dari ngecat koran, nyambung lagi biar panjang, gunting plastik biar panjang, buat pohon kurma, buat onta, gunting gambar, ditempelin, bikin ilustrasi pintu, dan yang ikhwan menyusun bambu yang ternyata emang susah banget, hasil kerja yang kemaren dibongkar lagi, sekarang dipaku, di kasih semen, dll deh ga begitu ngerti dan sampai jam 19.00 WIB ini belum selesai, karena sekali lagi hujannya sangat besar dan ikhwannya pun sampai hujan2an.. Keren banget effort mereka untuk acara ini mengingat besok banyak tugas. yah karena sudah malam akhirnya akhwat-akhwat pulang duluan dan finishing dilakukan oleh ikhwan. Dari sumber yang didapat, ikhwan kerja sampai jam 12 malem nempel background, nempel segala macemlah dan berjanji mau balik lagi kesana secepatnya setelah pulang, namun kenyataannya hanya Gibran seorang yang balik lagi saat itu, sendiri di kebab ditemani angin dan gelapnya malm, yang lain pada tidur dikostannya…hehehe..sabar ya Geb…dengan bersusah payah Gibran menelpon ikhwan-ikhwan namun tiada mendapat jawaban hingga pukul 03.00 Gebi pergi ke kostannya Oji untuk ngeprint materi, balik lagi ke kampus untuk ngerjain laporan Protum diaman rata-rata Al-Hayaaters pada belum,,, parahnya protum ini mulainya jam 8 pagi, jadi otomatis pada bolos Supertum dan ngerjain laporan di kebab..

intinya kerja kemarin belum selesai…

10 Maret 2009

harusnya acara ini sudah dibuka untuk umum tapi background belum terpasang, materi belum terpasang, anak-anak belum siap dan terlihat sekali pada cape. Kuliah-kuliah-kuliah, sampailah jam 15.00 WIB. Cuaca masih bagus, angin sedang-sedang saja, karena hanya aku dan Dewi yang ga ada kuliah maka kita memutuskan untuk melengkapi materi yang belum ada, lagi asik-asik ngegunting terdengar suara Adzan Ashar. Di tengah-tengah adzan ada angin yang gedeeeeee banget yang ngebuat tuh bambu jatuh,,, iya bambu yang sudah terpasang dan terganjalkan batu itu roboh, robohnya lebih sedih daripada robohnya surau kami… aku dan Dewi hanya bisa melihat dan terdiam. Beberapa detik terlewati hanya bisa diam sambil menatap bambu dan plastik yang sudah ga paparuguh, hujan mulai turun, loading antara aku dan Dewi 1 level yaitu kita lemot banget bingung. Akhirnya, bingung mau ngapai, aku sms sang ketua “Geb…roboh Geb..tertiup angin..sedih ni..” akhirnya Angga dateng dan dengan cepatnya dia ngebenerin plastik-plastiknya aku ama Dewi ngebantuin aja, dan tiba-tiba Gibran dateng ngebela-belain keluar dari kelas, sedih bangetlah. Kerja 2 hari???? Tapi ditengah-tengah keadaan yang kaya gini si angga ama si gibran sempet-sempetnya becanda. Yah, sepertinya keringat kemarin hilang terbawa angin, hilang tersapa hujan, hanya tersisa di kenangan-kenangan masing-masing, hanya ada di pikiran masing-masing, sedih namun bahagia, sedih namun gembira, sedih namun harus bagaimana lagi????

Yah, akhirnya diputuskan bahwa pemakaian lorong dibatalkan dan materi-materi ditempel pada pilar-pilar kebab saja. Sebenernya agak nyesek juga karena,,, kerja 2 hari kemarin untuk apa dong???

11 Maret 2009

Yah sampai saat ini pun acara di kebab belum dapat diresmukan dibuka, saat materi sudah tertempel, hiasan sudah dipasang, gambar sudah terpajang ntah apa lagi yang membuat acara ini belum dibuka juga.. Mudah-mudahan acara ini membawa berkah bagi kita semua, segala kegagalan dijadikan pelajaran, segala kerja keras dan upaya dapat diberi ganjaran oleh Allah SWT, semoga segala hambatan dapat terselesaikan, Insya Allah karena kita semua ingin meraih ridhoNya kan??

Yah, sekianlah yang bisa saya ceritakan, mohon maaf kalo ada salah, karena tulisan ini dibuat hanya dari sudut pandang saya sebagai penulis.

Semoga Allah terus meridhoi jalan ini. Semoga Allah memberi berkah dari apa-apa yang kita kerjakan.

Terus berjuang kawan, jalan ini masih panjang, masih banyak rintangan dan cobaan yang akan dihadapi… Tetep semangat yah. Karena kita adalah tim, bekerja sama-sama bukan sama-sama kerja. Hihihi..

Karena kita keluarga..

karena tujuan kita hanya surgaNya kan??

jazakallah…

7 Responses

  1. cool!
    Subhanallah.
    Maha Suci Allah yang tidak akan pernah lupa akan janjinya untuk selalu membantu hambaNya yang berbuat kebaikan dan kesabaran..
    Maha Suci Allah yang telah melapangkan hati-hati kita yang sempit untuk kemudian dapat mengambil segala hikmah dari segala ujian..

    Alhamdulillah.
    Segala Puji Bagi Allah sesungguhnya nikmatNya jauh lebih banyak dari yang kita pikirkan, bahkan pikiran kita pun tak sanggup menampungnya
    Segala Puji Bagi Allah, yang memberikan segala yang manusia butuhkan, ujian, tempaan, kesenangan, harta, tahta, dll.
    Segala Puji Bagi Allah, karena sesungguhnya tidak ada alasan bagi kita untuk megeluh

    Allahuakbar.
    Allah Maha Besar dengan segala keagunganNya,
    Allah Maha Besar, dengan kita makhluk sekecil ini yang tak berdaya apapun atas kuasaNya,

    tetap semangat saudaraku! (walau terkadang ucapan semangat mengharuskan yang berbicara untuk semangat juga,,tak apalah..hanya berusaha meyemangati orang lain dan diri sendiri)

    kalo kata teorinya mah..Luruskan Niaat..
    Di awal, saat, dan sesudah kita beramal….
    sipP..

  2. Assalammualaikum…
    (ya Allah semoga postingan comment kali ini saia tidak merugikan pihak manapun, amin….)

    berhubung yang ini postingan temen (aneh) saia,
    berhubung kemarin udah disogok nasi goreng pas buka puasa (tapi ngomong2 itu yang nraktir ikhlas ga? arin sampe sakit perut gitu?)
    berhubung kemarin sudah berkenalan dengan teman2 Al Hayaat (bilangnya “teman-teman” biar disangkanya banyak temen, ckckckc)
    berhubung kemarin saia udah bikin kericuhan di acara itu (niatnya mau meperbaiki semua kesalahan di hari kemarin dengan posting komentar hari ini, tapi once again kawan, maaf jika saia terlalu polos, terus jadinya komen ini juga malah ngerusuhin…it’s not what I mean, suwerrrrrr)
    dan berhubung…. (banyak amat sih hubungannya?)
    yupz! berhubung saia masih merangkak di jalan pertaubatan, mohon keihklasannya untuk memaafkan saia, dan mengarahkan saia ke jalan yang benar… (ko jadi kaya curhat iyah?)

    well,
    overall,
    untuk penulis entry ini (a.k.a Nadia Juli Indrani yang mengidolakan saia dengan sangad! *udah atuh nad, jangan sampe nangis gitu arin ngomenin blog ini, biasa aja lha yah… jangan terharu gitu…)
    kan waktu itu arin udah nawarin bantuan…
    “nad ada yang mu dibantuin ga?”
    kamu masi meragukan ketulus ikhlasan temanmu yang baik hati ini nad….. sedih gwa….
    terus pas besoknya, lagi2 nawarin bantuan, dan kamu tolak nad… mental gwa nad… niat nolong ditolak mulu….

    untuk semua tim yang bertugas…
    maafkan kunjungan saia kemarin…
    tapi dengan uji mental yang telah diuraikan penulis di atas,
    acara kemaren not too bad ko…… saia masih bisa nangkap intisari dari teori2 yang ada (sayangnya kemaren yang ngejelasin si nad, who is tidak begitu kompeten, jadi otak gwa aga rumit mencerna omongannya, lain kali jangan lu nad, 1 stage kita harus diam selama 30 menit (berdiri pula, disorot matahari pula) dan itu cuma untuk ketawa2 ga jelas, parah lu!)

    untuk teman2 Al Hayaat,
    SEMANGAT yupz!
    senang berkenalan dengan kalian semua,
    (pasti dalem hati kalian bilang, “lu seneng, kita musibah…”
    punten ah…

    SIP! SIP! SIP!
    Wassalammualaikuuuummm…… n_n

  3. waduh…bagus banget tulisannya,,,siapa sih yang nulis????
    hahaha…
    geb sekali lagi nama aku teh jangan dirubah2 atu…
    Nadia Juli Indrani…
    iya teh mut LURUSKAN NIAT!!!!
    amin…

  4. lupa ada ka iqbal ma iqbal yang ikut membantu…

  5. Sebenernya yang malem2 itu yang laen bkn ketiduran nad, cuma miskomunikasi. Saya nungguin di depan kosan oji, ngesms dy tapi gk nyampe2 krn gk ada sinyal, pdhl si oji gk tidur, tapi gk nghubungin saya krn ngira’a saya ketiduran, jd gak tega buat ngebangunin. Di saat bersamaan kak pai udah di kbab nungguin kita rada lama, tapi akhirnya pulang lagi ke kosan krn nyangka kita ketiduran. Pas saya ke kebab krn bosen nungguin oji, kak pai udah gak ada, saya kirain ketiduran. Jadi waktu itu tuh kita sama2 saling ngira kalo yg laen ketiduran, hohohohoho, lucu banget dah..

  6. waw…

    @arin..
    kamu minta maaf sambil menjatuhkan….
    bagus,,,
    hahaha…

    @geb..
    makanya waktu itu aku sms kamu tapi kmu ga bales jadi info yang aku dapet minim pisan…
    overall…kalian tuh keren banget kawan..semangat terus keren bangetlah ga mau saling ngeganggu karena pasti kalian tau klo kalian itu pada cape…tuh kan terharu lagi..keren…(kang pai ama oji yang keren kmu ga geb..)hehe…

    yah untuk kawan alhayaat semua semangat!!!!

  7. @nadzz….
    menjatuhkan siapa nad?

    @all
    maaf telah membuat talim kemarin jadi talim yang begitu “mengesankan”.

    kamu sih nad!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: