Badak Kuat BUKAN Obat Kuat

Oleh : Danni Gathot Harbowo (Biologi 2008)

Kenikmatan 35 Menit Dibayar dengan 35 Tahun

Dahulu Indonesia adalah tempat paling nyaman bagi kehidupan badak, terutama Badak Sumatra dan Badak Jawa. Namum kini badak menjadi salah satu hewan yang paling dilindung dan dijaga di Indonesia karena kedua jenis badak tersebut sudah menjadi hewan langka atau sulit ditemukan dihabitatnya. Ini disebabkan perubahan habitat badak dan perburuan hebat yang dilakukan oleh manusia terhadap badak untuk diambil kegunaannya.

Salah satu alasan orang memburu badak adalah ingin mendapatkan cula pada badak tersebut karena cula badak menjadi suatu komoditas yang diinginkan pasar. Selain digunakan sebagai perhiasan atau perkakas, menurut sebagain orang, cula badak dapat dijadikan obat untuk berbagai hal, terutama obat kuat lelaki dewasa (penambah stamina seksual pria).

Cula badak sendiri merupakan pengembangan jaringan (differnsiasi) epidermis berupa pembentukan keratin kompak pada bagian anterior badak. Keratin adalah suatu serabut protein yang dihasilkan oleh folikel keratin, yang jenisnya sama dengan protein pembentuk rambut dan kuku pada manusia. Secara konsep tidak ada masalah jika keratin harus dipotong, hanya saja akan mengganggu perilaku badak tersebut dalam ekosistem.

Namun mengapa harus mati ketika diambil culanya!? Jawabannya ada pada si pemburu. Pertama, pada saat proses penangkapan, biasanya pemburu enggan mengeluarkan biaya yang besar dalam penyediaan pembius badak karena dalam pembiusannya diperluhkan dosis yang tinggi dan peluru bius yang unik agar peluru bius dapat masuk kedalam tubuh dengan tepat. Karena biaya yang tinggi itulah pemburu lebih memilih peluru ekonomis yang langsung mematikan badak tanpa pembiusan. Kedua, pada proses pemotongan cula, pemburu memotong hingga bagian hiperkeratin (dasar pembentuk keratin) bahkan mencapai bagaian tengkorak badak, yang menyebabkan kematian badak.

Walaupun perburuan bisa dilakukan dengan pembiusan, faktanya  cula badak tidak memiliki kandungan senyawa yang mampu menambah gairah seksual pria. Cula badak hanya berupa keratin yang tersusun rapat dan padat sehingga memiliki struktur yang kuat dan keras. Keratin sendiri tidak mampu membuat pria dewasa semakin perkasa dan berstamina seksual yang luar biasa. Jika keratin digunakan sebagai senyawa pendukung dalam pembuatan obat kuat, peracik bisa menggunakan rambut atau kuku manusia yang memiliki kandungan keratin yang sama.

Pada pembuatan obat kuat dengan cula badak tersebut, rebusan cula badak ditambah dengan bahan yang sebenarnya adalah bahan penting dalam pembuatan obat kuat, seperti pasak bumi, alkohol, temulawak akar gingseng, dan pahitan. Jadi cula badak pada pembuatan obat kuat tersebut hanya akan memberika efek sugesti dan perubahan rasa di jamu tersebut.

sebenarnya keratin dapat dihasilkan (diternakan) tanpa harus melalui mahluk hidup. Kita dapat mensistesis keratin dengan cara mengkultur folikel pembentuk keratin pada rambut. Namun di laboratorium, keratin hanya bisa dilakukan pada skala kecil, karena masih belum diketahui media yang baik dalam pengkulturannya. Hal yang bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan keratin adalah memanen keratin di salon rambut terdekat. Kita dapat mengolah rambut itu menjadi sekeras cula adalah dengan melelehkan semua rambut itu pada suhu tinggi dan mengkompres pada suhu rendah. Maka kita akan menghasilkan tiruan cula dengan kandungan keratin yang sama.

Sebelum terpikir untuk mengkultur keratin, penulis sempat berpikir, “Mengapa tidak kita ternakan saja badak!?” tak lama kemudian penulis mendapat jawaban bahwa badak memiliki masa hidup hingga 35 tahun, dan masa peranakan 5 tahun (salah satu hal yang sulit dalam mengembang biakan ternak). Dan manusia membunuh hewan tersebut hanya untuk kenikmatan berdurasi 35 menit. Sungguh egois dan jahat manusia itu.Semoga Allah SWT mengampuni kita semua. Amien ya Allah..

Astagfirullah hal “Adzhim..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: