Kiamat 2012?

Oleh : Erlambang Aji (Mikrobiologi 2008)

Akan terjadi kiamat di tahun 2012! Banyak sekali artikel bebas yang berkeliaran di dunia maya mengenai isu yang beredar ini. Baik ramalan maupun sains menjadi argumen yang digunakan sebagai dasar dari pernyataan ini. Benarkah? Pada kesempatan kali ini saya akan membeberkan info yang berhasil saya dapatkan setelah berkeliaran di dunia maya.

Banyak buku-buku dari berbagai penerbit besar Indonesia yang mengambil topik KIAMAT 2012. Saya sempat baca sedikit mengenai ulasan buku tersebut. Dimulai dari berbagai teori yang menyatakan akan datang bencana besar yang memusnahkan peradaban manusia. Berikut adalah berbagai ramalan skenario yang muncul :

1. Global Warming

    Hal ini didasarkan dengan semakin naiknya temperatur global. Selain itu, es di kutub semakin banyak yang hilang yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Puncak dari global warming ini diperkirakan akan terjadi di akhir tahun 2012. Berdasarkan ramalan suku Maya, akan terjadi bencana air yang mengakibatkan 90% populasi dunia musnah. Waw! Yakinkah?

    2. Munculnya Mini Black Hole

      CERN yang merupakan badan penelitian nuklir di Eropa berhasil menciptakan penumbuk atom raksasa yang dapat menciptakan partikel mikroskopik penghisap seluruh materi. Partikel ini ditakutkan akan semakin membesar dan menghisap seluruh materi yang ada di dunia ini.

      3. Solar Storm

        Perilaku matahari yang semakin tidak normal selama 3 tahun belakangan ini diduga akan memancarkan badai proton terbesar yang terjadi pada tahun 2012. Hal ini salah satu penyebab naiknya temperatur dunia.

        4. Virus Pembunuh

          Semakin merajanya mutasi dari berbagai virus yang menyebabkan banyaknya korban seperti dalam kasus flu burung akan semakin dasyat. Hal ini dikarenakan virus ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia. Hal ini menjadi salah satu pemusnah masal yang akan terus berkembang.

          5. Perubahan Kutub Magnet

            Pergeseran kutub utara bumi semakin signifikan dan mengakibatkan terjadinya perubahan kutub. Siklus ini berlangsung dalam waktu puluh ribuan tahun. Dan penunjuk arah kompas saat ini sudah tidak menunjukan arah yang sama dengan beberapa puluh tahun silam. Jika terus berlanjut, mungkinkah matahari tebit dari barat kelak?

            6. Supervulcan

              Supervulcan yang terjadi di Danau Toba merupakan penutup siklus bumi sebelum ini. Letusan ini mengakibatkan bertebarannya abu vulkanik yang menutupi seluruh permukaan bumi. Hal ini menyebabkan terjadinya global cooling yang membuat kita kembali ke zaman es. Sumber supervulcan yang diamati oleh satellite sudah mulai memunculkan tanda-tanda keaktifan yang cukup merisaukan.

              Ternyata banyak bencana yang diperkirakan akan datang di abad ke-21 ini. Tapi benarkah hal ini menyebabkan akhir dari kehidupan di dunia? Kiamat dimana kita akan diputuskan masuk ke surge atau neraka? Sekarang mari kita tinjau dari sisi agama. Lanjut gan!

              Benarkah akan terjadi kiamat di tahun 2012 ini? Kita lihat dalil (QS. Al A’raf: 187) Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Kapan terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Rabbku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” Jadi, berhakah manusia mengatakan kiamat akan datang di tahun 2012? Nah loh…. Hal ini berarti menentang pernyataan diatas kalau begitu? Ada lagi dalil (QS. Al Ahzab: 63) Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” Wastaga!! Bahkan Rasul sendiri yang merupakan makhluk paling dekat dengan Allah tidak mengetahuinya. Lalu bagaimana dengan kita? Bagaimana kita bisa meramalkan akan kiamat?

              Sesungguhnya Allah sudah memberitahukan pertanda akan datangnya kiamat. Hal ini tertulis dalam hadits Rasulullah. Berikut beberapa contohnya :

              • Hingga apabila (tembok) Ya’juj dan Ma’juj dibukakan dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan (apabila) janji yang benar (hari berbangkit) telah dekat,..(QS. Al-Anbiya:96-97)
              • Belum terjadi kiamat sehingga orang-orang dari umatku kembali menyembah berhala-berhala selain Allah. (HR. Abu Dawud)
              • Belum akan kiamat sehingga tidak ada lagi di muka bumi orang yang menyebut : “Allah, Allah.” (HR. Muslim)
              • Di antara tanda-tanda kiamat ialah ilmu terangkat, kebodohan menjadi dominan, arak menjadi minuman biasa, zina dilakukan terang-terangan, wanita berlipat banyak, dan laki-laki berkurang sehingga lima puluh orang wanita berbanding seorang pria. (HR. Bukhari)
              • Belum akan tiba kiamat sehingga harta banyak dan melimpah, dan orang ke luar membawa zakat hartanya tetapi tidak ada yang mau menerimanya, dan negeri-negeri Arab kembali menjadi rerumputan hijau dengan sungai-sungai mengalir. (HR. Muslim)
              • Saat akan tiba kiamat, jaman saling mendekat. Satu tahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti satu jam dan satu jam seperti menyalakan kayu dengan api. (HR. Tirmidzi)
              • Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba dengan bangunan-bangunan yang megah. (HR. Bukhari)

              Dalil diatas barulah sebagian dari pertanda akan datangnya kiamat yang diberitahukan Allah. Sekarang kita masuk ke bagian evaluasi!!

              Jadi berdasarkan kesimpulan data diatas bagaimana sikap kita? Percayakah? Mari kita berpikir dan mulai mengenali tanda-tanda kiamat. Renungkan dalam diri kita, apakah pertanda itu sudah datang kepada kita? Lalu, apakah kita sudah melakukan tugas kita di bumi ini sebagai khalifah? Sudahkah kita berbakti pada orang tua kita? Jujur saya katakan saya cukup takut mendengar kabar kiamat. Apakah saya percaya? Menuntut ilmulah seolah kamu akan hidup 1000 tahun lagi, dan beribadahlah seolah kamu akan mati esok hari. Waw!! Dengan berpegang pada hal itu yakinilah akan datangnya kiamat. Tidak perlu memerhatikan tanggalnya. Apakah jika kiamat sebentar lagi, maka kita baru akan beribadah dengan sungguh? Astagfirullah. Tidak ada orang yang ingin mati sekarang. Jujur saja, hidup ini sangat indah (meski dapet jurnal setumpuk). Tapi, saya sangat mensyukuri keadaan saya sekarang. Diberi rizki yang mencukupi, kesehatan yang ada, dan kemampuan kita dalam menuntut ilmu. Bahkan saya bisa terbuai dengan kehidupan dunia jika mau. Tapi, dengan meyakini akan datangnya kiamat baik sebentar lagi maupun masih jauh, kita akan berusaha menyeimbangkan masalah dunia dan akhirat.

              Jadi? Percayalah!! Tapi bukan percaya sama 2012 tentunya!! Anggap saja data-data ramalan diatas seperti ramalan cuaca. Perkuatlah pemahaman kita, penuhilah visi dan misi kita di dunia ini baik menurut Islam maupun menurut kita sendiri, teruslah beribadah dan belajar juga tentunya. Akhirnya selesai juga artikel yang cukup panjang ini. Boleh setiap orang punya pendapatnya masing-masing, sebab penilaian ini mungkin hanya berdasarkan garis pandang saya sendiri. Siapkan diri kita dalam menghadapi 2012 nanti!! Semoga kita diberi umur panjang!! Amin.

              9 Responses

              1. Aji, inget si bang titor tea…

                John Titor yang datang dari tahun 2036 di tahun 2003 dengan menggunakan mesin waktu. logika nya dunia belum kiamat. cuma lonjakan kecil evolusi manusia…..!!

                Mas gatot

              2. John titor datengnya ke tahun 2001…
                ahahahaha…..
                namanya kok keren sih?
                ehem2….

                kita ga bisa memprediksi apapun…
                jadi, percaya aja bakal ada kiamat….
                dan tobatlah selagi bisa…
                kok nyambungnya ke evolusi sih tot?

              3. syukron jazakallah akhi… sungguh tulisan yang menginspirasi… karena kita benar-benar harus berusaha sekuat tenaga lalu bertawakkal kepada Allah…

              4. oh hooh 2001, poho urang. spesies homo sapien yang unggul lah yang mampu melonjaki tahun 2012. maka nya rajin latin kendo. mabal wae daa. ntar penyamaran terkuak, jadi wee si mbak peny menduga duga!

                • ahahahaha…
                  forum serius ini tot…
                  ceritanya mah….

                  kasian tau si peni…
                  jadi ga keliatan lagi di kebab habis itu teh…

                  naha masih pake gatotnya?
                  ngobrol aja sana sm iskandar, heru, sms si sebastian…
                  ahahahaha…

              5. naha manggi urang tot, kan urang sebastian!

              6. waduh…abang gatot…jgn gitu dong bang…
                ini kan forum serius..jgn di bercandain

              7. kapan kiamat akan datang?

              Leave a Reply

              Fill in your details below or click an icon to log in:

              WordPress.com Logo

              You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

              Twitter picture

              You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

              Facebook photo

              You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

              Google+ photo

              You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

              Connecting to %s

              %d bloggers like this: