ZERO to HERO

Oleh : Elgi Firaz (Biologi 2008)

Untuk lebih lega dalam memandang dunia dan menempatkannya sesuai proporsinya, mari kita simak bagai mana Rasulullah menggambarkan dunia dalam berbagai hadist :

Dunia adalah setitik air di tengah lautan
Al Mustaurid bin Syaddad ra berkata, Rasullullah bersabda : “Tiada perbandingan dunia ini dengan akhirat, kecuali seperti seorang yang memasukkan jarinya ke dalam lautan luas maka perhatikanlah yang tersisa.” (HR. Muslim)

Dunia lebih hina dari bangkai kambing kuper
Dari Jabir ra, Rasullullah bersabda : “Demi Allah, sungguh dunia ini lebih hina dalam pandangan Allah daripada bangkai kambing kuper dan cacat ini dalam pandangan kalian.” (HR. Muslim)

Dunia adalah penjara mukmin dan surga bagi kaum kafir
Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah bersabda : “Dunia adalah penjara bagi orang-orang mukmin dan surga bagi orang-orang kafir.” (HR. Muslim)

Dunia ibarat sayap nyamuk
Sahl bin Sa’ad As Sa’idy ra berkata, Rasullullah bersabda : “Andaikata dunia ini bernilai di sisi Allah sekedar sayap nyamuk, niscaya tidak akan diberikannya kepada orang kafir meski hanya seteguk air” (HR. Tirmidzi)

Dunia ini terlaknat kecuali dzikrullah
Dari Abu Hurairah ra, saya mendengar Rasullullah bersabda : “ketahuilah bahwa dunia terkutuk dan semua yang ada di dalamnya terlaknat, kecuali dzikrullah dan segala apa yang serupa atau sederajat dengan itu, dan orang alim yang mengerti serta orang yang mempelajari.” (HR. Tirmidzi)

Hidup di dunia laksana Musafir
Ibnu Umar ra. berkata, Rasulullah memegang bahuku sembari berkata : “Jadiklah engkau di dunia ini bagaikan orang asing atau orang yang dalam perjalanan.” “Ibnu Umar sendir berkata, “Jika engkau berada di waktu sore, maka janganlah mengharap akan hidup sampai pagi. Dan jika kamu pada waktu pagi janganlah menantikan sore. Pergunakanlah masa sehat itu untuk bekal masa sakit, dan masa hidup untuk bekal kematian.” (HR. Bukhari)

zuhudlah terhadap dunia
Dari Abul Abbas Sahl bin Sa’ad As Sa-idiy ra, yang berkata, “seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata, “Ya Rasulullah, tunjukanlah kepadaku suatu amal yang jika aku lakukan maka aku dicintai oleh Allah dan manusia.” Nabi pun menjawab : “uhudlah terhadap dunia niscaya Allah akan mencintai dan zuhudlah terhadap sesuatu yang dimiliki orang lain, niscaya setiap orang cinta kepadamu.” (HR. Ibnu Majah, dan lainnya, hadist hasan)

Menatap orang yang berada di bawahnya
Dari Abu Hurairah ra. ia berkata, Rasulullah bersabda : “Lihatlah orang yang lebih menderita yang berada di bawahmu, dan janganlah melihat orang yang berada di atasmu, karena demikian itu lebih baik tepat, supaya orang tidak meremehkan nikmat karunia Allah kepadamu.” (HR. Bukhari-Muslim)

Siapkan bekal kematian
Abu Ya’la Syaddad bin Aus ra, berkata Rasulullah bersabda : “Orang yang cerdas adalah orang yang mengkoreksi dirinya dan mempersiapkan amal untuk bekal sesudah mati. Dan orang yang bodoh adalah yang selalu menurutkan hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah.” (HR. Tirmidzi)

3 Responses

  1. Mantap gan!!

  2. page one gan

  3. ahahahaha…
    tabah el cuma dikomenin sm gatot…

    artikel sederhana penuh makna nih…
    thumbs up…
    ahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: